terkini

Desa Ranokomea Bombana Masuk Nominasi Desa Anugrah Wisata Indonesia

Metro Sultra
17 April 2023, April 17, 2023 WIB Last Updated 2023-04-17T01:39:53Z
Pulau Kondo di desa Ranokomea. Foto: metrosultra.com

Metrosultra.com | Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengumumkan 500 besar Desa yang masuk nominasi pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2023.

Tercatat 4.573 desa wisata di seluruh Indonesia itu, desa Ranokomea kecamatan Poleang barat Kabupaten Bombana masuk nominasi desa Wisata terbaik se Indonesia. Hal Ini tentu menjadi kebanggaan Pemerintah Kabupaten Bombana yang saat ini dinakhodai H Burhanudin sebagai Penjabat Bupati setempat.

Desa Ranokomea masuk nominasi ADWI karena memiliki potensi wisata yang memukau, seperti adanya pulau yang mungil yang diberi nama Pulau Kondo.

tempat ini tentunya menjadi destinasi wisata alam andalan bagi masyarakat setempat.Kepala Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Bombana, Anisa Sri Prihatin, nampak begitu berseri melihat hasil upayanya dalam mempromosikan destinasi Wisata desa yang ada di Wonua Bombana. Namun anugrah ini tidak mebuat Anisa Sri Prihatin larut berbangga diri. Ia tetap berjanji bakal terus berupaya menjdikan desa ranokome termasuk ragam destinasi wisata lainnya di wonua bombana makin dikenal dalam skala Nasional.

“Setelah pengumuman oleh Menparekraf, selanjutnya Desa Ranokomea akan menjalani proses penilaian oleh Kemenparekraf,” ujar Anisa Sri Prihatin belum lama ini.

Kepala Dinas Parawisata dan Pemuda Kab. Bombana

Menurutnya, ada lima kriteria penilaian yang wajib dipenuhi, sehingga mendapatkan kategorii Desa Wisata terbaik di Indonesia, diantaranya wajib memiliki keunikan dan keaslian daya tarik wisata berupa alam dan buatan, baik seni maupun budaya, ditopang dengan kreativitas dan hasil karya Masyarakat di desa wisata seperti kuliner, fesyen, dan kriya berbasis kearifan lokal lainnya.

Kata dia, Ada juga penilaian homestay dan jamban (toilet), digital, kreatif, serta kelembagaan desa wisata dan cleanliness, health, safety, environment sustainability (CHES).

“Penilaian diperkirakan mulai bulan Juni mendatang. Untuk persiapan sudah kita lakukan sejak jauh hari, baik objek wisata, ekonomi kreatif, dan kelembagaannya,” terang Anisa (sapaan akrabnya).

Mantan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kabupaten Bombana ini berharap,desa wisata Ranokomea dapat memperoleh hasil penilaian yang baik serta menoreh prestasi bagi daerah sebagai salah satu desa Wisata Indonesia  terbaik 2023.(red)

Komentar
Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
  • Desa Ranokomea Bombana Masuk Nominasi Desa Anugrah Wisata Indonesia

Trending

+

Iklan