• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

    Puluhan Kepala PAUD di Bombana Ikut Bimbingan Penyusunan Dokumen Akreditasi

    METROSULTRA.COM
    23 July 2022, July 23, 2022 WIB Last Updated 2022-07-23T04:06:09Z
    Kegiatan Bimbingan penyusunan Dokumen Akredutasi PAUD se Kabupaten Bombana. Foto: Samaruddin | Penulis dan Editor : Zulkarnain

    Metrosultra.com, Bombana | Jumat, 22 Juli 2022. puluhan Kepala PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) di Kabupaten Bombana berbondong-bondong mengikuti kegiatan bimbingan teknis penyusunan dokumen Akreditasi tahun 2022.


    Kegiatan ini diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bombana, yang bertujuan untuk memberikan pemahaman seputar Akreditasi kepada Satuan PAUD tentang apa saja yang harus dipersiapkan untuk memenuhi kebutuhan Akreditasi serta menentukan langkah strategis dan sistematis agar dapat memperoleh nilai Akreditasi yang optimal.


    Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Bombana, Andi Muh. Arsyad, S.Sos., M.Si mengatakan bahwa pemkab Bombana saat ini tengah berupaya mengantarkan semua satuan PAUD di daerah wonua Bombana dapat terakreditasi. Namun kata dia salah satu yang menjadi  indikator urusan pendidikan adalah akreditasi satuan PAUD itu minimal B, seperti yang diatur dalam Permendagri Nomor 59 tahun  2021 tentang penerapan standar pelayanan. 


    "Maka dari itu, saya semua Kepala Satuan PAUD agar bersungguh-sungguh mengikuti kegiatan dan mengimplementasikannya dalam kerja-kerja yang konkrit sehingga apa yang kita harapkan dapat kita capai" ajaknya.


    Senada Kepala Bidang Pembinaan PAUD, Ibu Andi Binnuraeni, SE., S.Pd. mengatakan bahwa Peran tenaga didik Satuan PAUD untuk menjadikan sekolah yang terakreditasi sangat penting, Karena kualitas pendidikan penilaian Akreditasi yang perlu diperhatikan adalah kuantitas pelayanan melalui partisipasi Sekolah anak usia dini. Sehingga itu dikesempatan ini, ia mengajak para guru satuan PAUD untuk terus berinovasi serta mengkampanyekan anak-anak usia sudah 5 tahun wajib diikutsertakan sebagai peserta didik di Satuan PAUD.


    "Hal ini sangat penting dilakukan, mengingat dari 169 PAUD di Bombana, masih terdapat 50an PAUD yang belum terakreditasi dan Alhamdulillah tadi sudah ada 14 Satuan PAUD yang sudah menyiapkan Dokumennya dan saya sangat apresiasi," ujarnya.


    Ditempat yang sama, Kepala Seksi Kelembagaan dan Sarpras PAUD, Samaruddin, S.Pd., M.Pd. menjelaskan bahwa Dinas Pendidikan Kabupaten Bombana terus mengawal proses Akreditasi secara  bertahap. mulai dari tahun 2020 dan 2021 kemarin focus pada penuntaskan Akreditasi jenjang Pendidikan Dasar (SD dan SMP) dan hasilnya pun memuaskan.


    "Nah tahun ini fokusnya ke Satuan PAUD. Apalagi Akreditasi Satuan PAUD ini sudah dimasukkan menjadi indikator kinerja kami di dalam dokumen Rencana Strategis 2023-2026 nanti. Alhamdulillah berdasarkan data dari Kemendikbud Ristek, Capaian kita tahun 2021 untuk Satuan PAUD yang terakreditasi B adalah sebesar 62,67%, Mudah-mudahan tahun 2022 dapat kita tingkatkan," jelasnya.


    Menurutnya, meskipun dilihat keterbatasan Sarana prasarana dan  ketersediaan PTK PAUD yang ada saat ini, dirinya tetap yakin dan berharap tahun ini Puluhan PAUD dapat dioptimalkan untuk mencapai target minimal 70% yang terakreditasi minimal B.


    "Tentu saja kita tetap mengharapkan juga peningkatan pada Angka Partisipasi Sekolah jenjang PAUD. Karena kurang elok kalau semua satuan PAUD terakreditasi tetapi anak-anak Bombana yang usia PAUD belum semuanya bersekolah di PAUD," Pungkasnya.


    Diketahui, Semua Peserta yang hadir nampak mengaku sangat bersyukur dapat mengikuti kegiatan Dinas Pendidikan ini. "Sebelumnya bayangan, kami untuk dapat diAkreditasi itu berat dan repot. Ternyata setelah kami dipahamkan oleh pemateri, beban kami menjadi tidak seperti yang kami bayangkan. Semua dokumen yang dibutuhkan sebenarnya sudah kami lakukan, hanya saja kadang tidak terdokumentasikan dengan rapi  dan baik," Kata Salah satu Peserta (b)

    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Puluhan Kepala PAUD di Bombana Ikut Bimbingan Penyusunan Dokumen Akreditasi

    Terkini

    Iklan

    Close x