• Jelajahi

    Best Viral Premium Blogger Templates

    terkini

     

    Perkebunan, Sektor Unggulan Kabaena Selatan

    26 February 2022, February 26, 2022 WIB Last Updated 2022-02-26T16:58:45Z


     Laporan: Agus

    Metrosultra.com|Bombana - Sektor perkebunan merupakan potensi desa unggulan Kecamatan Kabaena selatan, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra), Selain sektor perikanan, peternakan dan pariwisata. Sektor perkebunan memberikan kontribusi besar terhadap perekonomian warga setempat.


    Diketahui, Data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Bombana tahun 2020, di Kecamatan Kabaena Selatan tercatat sebanyak 2.124 hektar luas areal digunakan untuk sektor perkebunan. Dengan rincian Kebun Kelapa 900 hekatar, Jambu mete 720 hektar, Cengkeh 33 hektar, Kopi 130 hektar, Kakao 70 hektar dan Gula Aren 270 hektar.


    Asusi, Pendamping Desa Kecamatan Kabaena Selatan mengatakan, dengan melihat data statistik tersebut, sektor perkebunan masih menjadi sektor andalan di wilayah dampingannya. Bahkan, menjadi potensi desa yang paling utama yang harus dikembangkan agar lebih meningkatkan kesejahterakan masyarakat.


    "Dikecamatan Kabaena Selatan terdapat beberapa komoditas unggulan di sektor perkebunan mulai dari perkebunan jambu mete, perkebunan kelapa, perkebunan cengkeh, perkebunan Kopi, Perkebunan Kakao, dan aren,"ungkapnya.


    Namun dalam pengelolaan dan pemasaran hasil perkebunan, ada beberapa masalah yang dihadapi, mulai produksi yang terbatas akibat sarana dan prasarana yang tidak memadai. Bahkan, warga lokal mengaku kesulitan untuk memasarkan hasil olahannya. 


    Oleh karena itu, Asusi menilai perlu hadirnya pemerintah dalam memberikan pengembangan soft skill dan pemasaran serta memiliki sarpras memadai agar masyarakat  bisa mengatasi persoalan tersebut. 


    "Saya berharap, ada upaya pemerintah untuk mengatasi masalah ini, karena tentu sangat berdampak pada kesejahtraan warga, khususnya masyarakat Kabaena Selatan,"pungkasnya.


    Komentar
    Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE. #JernihBerkomentar
    • Perkebunan, Sektor Unggulan Kabaena Selatan

    Terkini

     

     

     
    Bawaslu Bombana

    ADV

     



     

    Iklan

    Close x