-->


 

Potensi Desa Wambarema Menuju Kesejahteraan Masyarakat

METROSULTRA.COM
Minggu, 05 Desember 2021, Minggu, Desember 05, 2021 WIB Last Updated 2021-12-20T01:33:59Z
RIDWAN, Ketua Badan Permusyawaratan Desa Wambarema. Desainer Grafis; Tim Metrosultra
Penulis: Agoes. Editor: Zulkarnain
METRSULTRA.COM, BOMBANA - Desa Wambarema merupakan salah satu desa di kecamatan Poleang utara, Kabupaten Bombana yang memiliki tingkat kesuburan tanah yang tinggi sangat cocok dijadikan wilaya pengembanagan bidang Pertanian, Peternakan dan juga Parawisata. 

Tentu berbagai potensi yang dimiliki desa tersebut dikelola dengan baik, makatak sedikit masyarakat yang percaya desa Wambarema bakal menjadi desa yang Asri, Makmur dan sejahtera.

Sayangnya, potensi yang dimiliki desa ini belum dikelola dengan baik. padahal bila dikelola dengan baik dan didukung dengan pemberdayaan masyarakat lewat program Dana Desa (DD) tentu kesejahteraan yang selama ini dirindukan masyarakat akan tergapai. 

Ridwan, Ketua Bandan Permusyawaratan desa (BPD) Wambarema mengatakan banyaknya potensi didesanya itu, sebagian besar masyarakat hanya mampu bertani untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, baik dari segi pertanian maupun dibidang peternakan. 

"Paling hanya sebatas mengembangan pertanian dengan cara tradisi lokal. seperti tanam Jambu mete, Kopi, Coklat, dan Nilam. sementara kalau untuk di bidang peternakan, tahun 2017 pemerintah desa Wambarema sudah mengalokasikan pengadaan bibit sapi sebanyak 30 ekor. hanya tidak berhasil,"Tutur Ridwan Ridwan belum lama ini, (6/12). 

Menururtnya kegagalan program ternak hewan Sapi bukan karena kondisi desa yang tidak cocok dengan peternakan, hanya saja dukungan perawatan ternak itu sendiri yang tidak cukup. 

Artinya, jika kita sungguh-sungguh untuk mengembangkan sektor peternakan tentu tidak cukup hanya kita pikirkan obyeknya. akan tetapi, pendukung lainnya seperti kandang hingga perawatannya justru lebih utama,"Tambahnya.

Ridwan tak menapik jika pengelolaan Dana Desa di Wambarema belum mampu menyejahterakan Masyarakat yang disebabkan penggunaan DD yang masih monoton terarah pada pembangunan fisik. 

Namun hal ini tidak membuatnya patah semangat menjadikan desa Wambarema menjadi desa Makmur dan Sejahtera. Ridwan terus membangun komunikasi kepada tokoh Masyarakat, Pemerintah, maupun kepada para Pejabat Politik.

"Ia, Selain Pertanian dan Peternakan, di desa kita itu juga cocok pengembangan pariwisata lokal, saya sangat yakin jika sinergitas Pemerintah desa terjalin dengan baik untuk mendukung potensi ini, maka  kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat akan ada,"pungkasnya
Komentar

Tampilkan


 


Hukum

+