-->

Pemerintah Datangkan 1,2 Juta Vaksin Asal Beijing

07 Desember 2020, Senin, Desember 07, 2020 WIB Last Updated 2020-12-08T02:55:31Z

masukkan script iklan disini
Vaksin Covid-19. Foto : Internet
 
Jakarta - METROSULTRA | Pemerintah akhirnya mendatangkan 1,2 juta dosis vaksin pencegah Covid-19, vaksin buatan Sinovac itu nantinya akan diuji secara klinis di Bandung.

Selain dalam bentuk jadi, pemerintah juga bakal mendatangkan lima belas juta dosis vaksin dalam bentuk bahan baku pada bulan ini dan tiga puluh juta dosis pada bulan Januari 2021.

Presiden Joko Widodo mengatakan bahwa sebuah pesawat Garuda Indonesia telah mendarat di Jakarta dengan muatan yang ditunggu-tunggu yaitu vaksin-vaksin Covid-19 yang nantinya akan digunakan di Tanah Air.

"Untuk memulai vaksinasi, tentu masih memerlukan tahapan-tahapan yang ketat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)" paparnya Senin (7/12/2020).

Vaksin - vaksin buatan Sinovac tersebut dibawa dari Beijing, Tiongkok, dan dikemas dalam penyimpanan khusus berupa tujuh Envirotainer untuk menjaga kualitas vaksin.

Nantinya vaksin dalam bentuk bahan baku tersebut akan diproses lebih lanjut oleh Bio Farma selaku BUMN produsen vaksin.

Kendati begitu, seluruh prosedur ilmiah persiapan vaksinasi harus dilalui dengan baik untuk menjamin kesehatan dan keselamatan masyarakat serta meningkatkan efektivitas vaksin Covid-19 tersebut. Pertimbangan ilmiah serta hasil akhir uji klinis akan menentukan kapan vaksinasi Covid-19 dapat dilakukan.

"Meski vaksin sudah ada, kita tetap harus disiplin menjalankan protokol kesehatan, memakai masker, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan. Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberkahi kita untuk bisa melewati ujian wabah ini" ujar Joko Widodo. (Ling)
Komentar

Tampilkan