-->

303 Balon Kades ini Siap Ikut Pilkades Bombana

METROSULTRA.COM
11 November 2021, Thursday, November 11, 2021 WIB Last Updated 2021-11-11T12:05:34Z
Hasdin Ratta, Kepala Dinas PMD Bombana. Foto: MetroSultra

Reporter: Zulkanain | Editor: Muh Jamil

metrosultra.com | Panitia Penyelenggara Pemilihan Kepala Desa (PPKDes) Bombana mencatat total bakal calon (Balon) Kepala desa yang telah menyetor surat pernyataan (SP) tidak pernah menjabat kepala desa selama tiga tahun diseluruh wilayah Negara kesatuan republik Indonesia (NKRI), jumlahnya telah mencapai ratusan orang. Kamis 11 November 2021.

Kasubid Peningkatan Kapasitas Aparat Desa Dninas PMD Bombana, Adi Sarniawan mengatakan, Sebagai persyarat mutlak bagi setiap balon Kades untuk maju pada kontestan Pilkades serentak diwajibkan untuk menyetor surat SP tidak pernah menjabat selama tiga tahun atau tiga periode.

"Pertanggal hari ini, jumlahnya sudah 303 Balon Kades,"Bebernya kepada MetroSultra saat ditemui diruang kerjanya.

Menurutnya, dari 109 desa yang ikut melaksanakan Pilkades, masih terdapat enam desa yang bakal calonnya belum menyetor Surat pernyataan tersebut, yakni desa Rarowatu, Tajuncu, Tinabite, Rahantari, Bulumanai dan desa Liano.

"Berbeda desa Mapila, desa Wumbulasa, kecamatan Kabaena Utara dan kemudian desa Wumbubangka, kecamatan Rarowatu utara. dimana ketiga desa tersebut, jumlah balon kades masing-masing telah mencapai enam orang,"Ungkapnya.

Namun, lanjut Adi Sarniawan, 'bagi balon yang belum menyetor SP tidak perlu cemas, hal ini dikarenakan jangka waktu untuk menyetor SP yang dimaksud bakal berakhir pada 27 November 2021. Sehingga kita bisa pastikan dari angka 303 balon Kades tersebut masih berpotensi naik lagi.

Komentar

Tampilkan