-->
  • Jelajahi

    Copyright © Metro Sultra
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Dosen UM Kendari Dilatih Mandikan dan Mengkafani Jenazah

    METROSULTRA.COM
    22 Januari 2021, Jumat, Januari 22, 2021 WIB Last Updated 2021-01-22T13:15:55Z

    masukkan script iklan disini
    Muh Yusuf (Dekan Fakultas PAI UM Kendari) saat memberikan contoh kepada peserta tentang cara mengkafani jenazah.

    KENDARI - METROSULTRA.COM | Universitas Muhamadiyah Kendari (UMK) menggelar pelatihan pola dan tata cara merawat orang meninggal (jenazah).

    Pelatihan ini diikuti seluruh tenaga kependidikan (Dosen) yang dilaksanakan di lantai lima gedung E kampus Universitas Muhammadiyah Kendari. 22 Januari 2021. 

    Menangani atau merawat orang meninggal/jenazah tentunya diharapkan dalam penerapannya sesuai dengan putusan tarjih atau rukun kematian.

    Kampus hijau ternama di kota Kendari tersebut, kembali melaksanakan pelatihan sekaligus praktek tentang tata cara perawatan orang meninggal atau jenazah dimulai dari memandikan, mengkafani hingga penguburan.

    Rektor Universitas Muhammadyah  Kendari, Amir Mahmud menuturkan betapa pentingnya pelatihan perawatan jenazah tersebut dikuti seluruh tenaga pendidikan perguruan tinggi yang dinakhodainya, dengan demikian tata cara rukun kematian tersebut diketahui dan bisa bermanfaat khususnya dalam membantu pengurusan jenazah di daerah.

    "Seperti yang kita ketahui, masih banyak tempat-tempat yang belum paham terkait hal ini, terutama tata cara yang benar dalam pengurusannya," Tuturnya.

    Amir berharap, pelatihan ini tidak hanya seremonial saja, melainkan pihaknya mengusulkan pembentukan kelompok atau komunitas khusus yang dapat turut langsung kelapangan.

    Menurutnya hal seperti ini memang terlihat biasa saja, akan tetapi tetapi memiliki nilai positif dan dampak yang sangat besar. 

    "Sehingga kita tidak kaku ditengah masyarakat dengan turut andil bersama dalam kepengurusan janazah, dari memandikan sampaii memberikan tausiyah," Tambahnya.

    Senada Dekan Fakultas Agama (FAI) Islam, Yusuf menilai bahwa pelatihan perawatan orang meninggal atau jenazah wajib diketahui bagi setiap muslim.

    "Kita wajib untuk memahami tata cara memperlakukan jenazah dari mulai dimandikan, dikafani sampai pada proses penguburan," Imbuhnya. 

    Diketahui, kegiatan ini dihadiri Ketua Badan Pembina Harian UM Kendari, H. La Ode Khalifa dan Kepala Biro Umum dan Kepegawaian UM Kendari, Saimudin, Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Ahmad, serta peserta alumni Baitul Arqam angkatan IV.(red)
    Komentar

    Tampilkan