-->

Kerap Terjadi Kecelakaan, KNPI Bombana Ingatkan Kontraktor Terapkan K3

METROSULTRA.COM
01 October 2021, Friday, October 01, 2021 WIB Last Updated 2021-10-01T13:45:05Z

masukkan script iklan disini
Mobil Dump Truk alami kecelakaan dilokasi Proyek Jalan Kabaena. Foto: Istimewa

METROSULTRA.COM, BOMBANA | Sebuah mobil dump truk,  mengalami kecelakaan tunggal  diwilayah Proyek jalan rigit beton di daerah Pising-Tedubara kecamatan Kabaena utara, kabupaten Bombana. 27 September 2021.

Pengawas Proyek, Darman membenarkan insiden kecelakaan dump truk tersebut. Menurutnya kendaraan tersebut adalah milik PT WIN (Kontraktor). 

"Iya benar, kecelakaan terjadi saat loding, alhamdulilah sopirnya selamat dan mobil tersebut sudah dievakuasi menggunakan akscavator ,"Singkatnya.

Pantauan media ini, Insiden kecelakaan kerja pada Proyek yang sama merupakan kejadian yang kedua kalinya. Hal ini menarik perhatian diinternal lembaga KNPI Bombana. 

Sebut saja Muh Arham, selalu ketua DPD KNPI Bombana meminta perhatian serius pihak perusahaan PT WIN (Kontraktor) untuk kiranya memperhatikan penerapan keselamatan, Keamanan dan Kesehatan Kerja (K3), sesuai yang amanahkan Undang-undang Keselamatan Kerja No. 1 Tahun 1970.

"Masalahnya, kecelakaan ini sudah merupakan yang kedua kalinya, jadi mohon pertimbangannya pihak Kontraktor untuk menerapakan K3, kasian mereka (pekerja) rela pergi meninggalkan keluarga mencari nafkah harus diperhadapkan dengan hal-hal yang dapat mengancam keselamatan kerja,"Terangnya.

Menurutnya, Prosedur Keamanan, Keselamatan dan Kesehatan Kerja atau K3 merupakan sebuah prosedur yang wajib dijalankan oleh setiap perusahaan di segala bidang. 

"Tujuan K3 adalah untuk menjamin kenyamanan proses kerja, baik itu karyawan maupun jajaran pimpinan perusahaan,"Pungkasnya.

Dikomfirmasi Terpisah, Direktur PT.WIN, Sumarya mengatakan pihak perusahaan Kontraktor yang dipimpinnya itu selalu menerapkan K3 utamanya di wilayah Proyek.

"Iya, kami selalu mengedepankan penerapan K3, soal kejadian kemarin nanti saya coba komfirmasi ke pelaksanaan Proyek untuk tetap memperhatikan keselamatan para pekerja,"Singkatnya lewat telpon. Jumat, 1 Oktober 2021.

Penulis: Zulkarnain
Editotor: A Putra
Komentar

Tampilkan